KARAKTER DAKWAH HIZBUT TAHRIR : PEMIKIRAN, POLITIK DAN TANPAKEKERASAN

Dalam upaya mewujudkan tujuan yang mulianya, HizbutTahrir hanya menjadikan metode dakwah Rasulullah saw sebagai panduannya. Siapapun yang mempelajari sirah Rasul saw saat berjuang menegakkan Islam hingga berhasil di Madinah, akan menemukan tiga karakter dakwah Islam yang wajib diikuti. Yaitu pemikiran (fikriyah), politis (siyâsiyah) dan tanpa kekerasan (lâ mâaddiyah)

Pemikiran Islam

PemikiranIslam mencakup pemikiran tentang akidah dan syariat (sistem hukum). Rasulullah saw mengajak umat meningkatkan taraf berfikir. Dari pemikiran jahiliyah yang menuhankan berhala dan berhukum pada selain Allah menjadi pemikiran Islam yang mulia.  Pemikiran Lâ ilâha illallâh yang beliau saw tanamkan pada bangsa Arab saat itu, mengubah mereka yang sebelumnya menyembah patung beralih pada penyembahan kepada Allah Swt semata.

Politik

Politik adalah memelihara urusan umat (As siyâsah hiya ri’âyatu syu`ûnil ummah). Sedangkan PolitikIslam berarti memelihara dan mengatur urusan masyarakat dengan hukum-hukum Islam dan mengatasi masalah dengan syariat Islam. Itulah yang dilakukan olerh Rasulullah saw. Beliau senantiasa mendidik masyarakat dengan tsaqofah Islam, menjelaskan kekeliruan pemikiran dan sistem kufur, serta membongkar penguasa yang menerapkan hukum kufur.

Tanpa Kekerasan

Tidak ada satu peristiwapun selama Rasulullah saw menjalankan aktivitas dakwahnya di kota Makkah yang dapat dijadikan argumentasi untuk membolehkan penggunaan metoda fisik/kekerasan dalam menerapkan syariat Islam melalui terbentuknya daulah Islamiyah. Memang, dalam menghadapi tindakan keras orang-orang Quraisy, sempat muncul keinginan para sahabat untuk menggunakan kekerasan/senjata. Mereka memohon kepada Rasulullah saw. agar mengizinkan hal itu. Namun Rasulullah menolaknya.

Follow, Like and Repost akun official #HizbutTahrirIndonesia @hizbuttahririd (bit.ly/InstagramHizbutTahrirID )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Memisahkan Tamu Pria dan Wanita Dalam Walimah

MEMBANGUN KELUARGA IDEOLOGIS

PENCABUTAN STATUS BHP HTI BANYAK CACATNYA