HADITS AHAD DALAM PANDANGAN ULAMA USHUL
Khabar Ahad dalam Pandangan Ulama Ushul
Walaupun
sebenarnya perbedaan pandangan tentang khabar ahad ini sudah dibahas oleh
banyak ‘ulama terdahulu, namun sampai sekarang masih ada sebagian da’i yang
sering melontarkan tuduhan sesat kepada sesama muslim gara-gara perbedaan
pandangan tentang hal ini. Kalau ‘ulama – ulama dulu mereka bisa saling
memahami perbedaan ini, mereka mengedepankan hujjah dan memahami fakta/maksud
dari orang yang berbeda pendapat dengan mereka. Berbeda dengan sekarang seolah
– olah mereka menutup mata akan adanya perbedaan ini, tanpa mau mengkaji
benar-benar apa sebenarnya maksud dari orang yang berbeda pendapat dengan
mereka. Akibatnya mereka menuduhkan apa yang tidak ada faktanya pada orang yang
dituduh.
Dalam
masalah wajibnya pengamalan khabar ahad, sebenarnya sudah tidak ada yang perlu
dipermasalahkan lagi. Akan tetapi penggunaannya sebagai hujjah dalam masalah
aqidah, inilah yang sering dijadikan masalah.
Kalau
diperhatikan, akar masalah dalam hal ini adalah dalah hal PEMAKNAAN AQIDAH itu
sendiri, bagi yang menyatakan khabar ahad bukan sebagai hujjah dalam masalah
aqidah, mereka memaksudkan aqidah disini sebagai PEMBEDA ANTARA IMAN DAN KAFIR,
sedangkan yang menyatakan khabar ahad adalah hujjah dalam masalah aqidah,
mereka memaksudkan aqidah disini TIDAK MESTI JADI PEMBEDA ANTARA IMAN DAN
KAFIR, hal ini jelas terlihat ketika pihak yang menjadikan khabar ahad sebagai
hujjah dalam masalah aqidah (penulis bukan termasuk pihak ini), mereka
menyalahkan aqidah Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani (wafat 852 H) dalam kitab
monumental beliau Fathul Bari, namun pihak ini tidak menyatakan Al Hafidz Ibnu
Hajar Al Asqalani sebagai kafir, (lihat kitab mereka : At Tanbih ‘Ala
Mukholafaatil Aqdiyyah Fi Fathil Baariy (= peringatan atas penyimpangan
aqidah dalam fathul bari), yang ditulis oleh Syaikh Bin Baz, Shalih Fauzan dkk,
kitabnya bisa di download disini), mereka juga menyalahkan aqidahnya Imam
An Nawawi (wafat 676 H) dalam hal Asma’ was Shifat tanpa mengkafirkan beliau
(walaupun sebagian mereka akhirnya menyatakan imam an Nawawi pada akhirnya juga
‘tobat’ sehingga aqidahnya imam an Nawawi mereka klaim sebagai aqidah ‘salafi’[1]
juga), mereka juga menyalahkan aqidahnya al Hafidz al Baihaqi (wafat 458 H)
juga tanpa mengkafirkannya (lihat http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=833&bagian=0),
mereka juga menyalahkan aqidah imam al Bukhoriy (wafat 256 H) ketika beliau men
takwil wajah Allah sebagai kekuasaan/kerajaan Allah, tanpa mengkafirkan imam
Bukhoriy.
Walhasil
sebenarnya yang menyatakan khabar ahad sebagai hujjah/dalil dalam masalah
aqidah, mereka membahas suatu tema tersendiri yang berbeda dengan tema yang
dibahas oleh ‘ulama ushul, dan dengan tema yang berbeda tersebut kemudian
mereka menghakimi ‘ulama yang membahas tema yang lain. Saya tidak habis pikir,
apakah mereka memahami atau tidak tema apa yang dibahas oleh ‘ulama ushuluddin
sehingga susah sekali memberi penjelasan ini.
Kalau
mengikuti tema pembahasan menurut mereka, yakni mereka memaksudkan aqidah TIDAK
MESTI JADI PEMBEDA ANTARA IMAN DAN KAFIR, sebenarnya masalahnya selesai, yakni
khabar ahad yang hasan atau shahih harus jadi hujjah dalam masalah “aqidah”[2],
semua ‘ulama akan sepakat (kecuali memang ingkarus sunnah) – dan ketika ada
perbedaan pandangan ‘dalam hal ini, maka halnya seperti perbedaan dalam masalah
hukum syara’, yakni tidak mengeluarkan seseorang dari keimanannya. [end].
Namun
tulisan ini akan melihat bagaimana kehujjahan khabar ahad dalam perkara ‘aqidah
dalam makna yang disepakati oleh ahli ushuluddin yakni sebagai garis batas yang
memisahkan antara iman dengan kafir (dan makna ini yang umum dikalangan ahli
ushul, sehingga Syaikh Mahmud Syaltut menyebut orang-orang yang masih
menanyakan hal-hal tersebut sebagai “orang yang tidak mengerti apa maksud
aqidah”).
Saya
terlebih dulu akan menyajikan copy- paste dan sedikit isinya (sisanya
terjemahkan sendiri) dari beberapa bagian kitab Al Islam Aqidah wa Syari’ah,
karya Syaikh Al Azhar (th 1958), yakni Syaikh Mahmud Syaltut (wafat 1963),
sengaja saya pilih ini karena ini kitab yang secara khusus membahas Islam dari
sisi aqidah dan syari’ah dan beliau bukan anggota gerakan yang sering dituduh
sesat gara – gara tidak menjadikan khabar ahad sebagai hujjah dalam masalah
aqidah. Kemudian baru akan saya copy paste beberapa pendapat Ulama berkaitan
dengan khabar ahad (bisa di lihat di Maktabah Syamilah, atau Jami’ul Fiqh al
Islamy atau Maktabah al Fiqh wa Ushuulihi, atau Maktabah Alfiyyah li as Sunnah
an Nabawiyyah atau di Maktabah Al ‘Aqoo’id Wal Milal, atau search di
saaid.net).
Bagi
yang berfikir ‘ilmiyyah, tidak taqlid, ana rasa perlu menelusuri sendiri sumber
– sumber yang ana sebutkan (sehingga kita dapat data primernya), lihat konteks
pembahasannya, dan silahkan berkomentar.
1. DARI KITAB AL ISLAM AQIDAH WA
SYARI’AH
Syarat
suatu dalil bisa digunakan untuk aqidah haruslah qath’iy (pasti) sumbernya, dan
pasti penunjukan maknanya.
Ayat
al Qur’an (walaupun pasti sumbernya), yang penunjukan maknanya dzon, sehingga
para ‘ulama berbeda pendapat tentang maknanya maka itu bukan (bagian) aqidah
yang dibebankan agama atas kita yang menjadi batas yang memisahkan antara orang
beriman dan tidak beriman.
Kalau
dalilnya tidak qath’iy, sehingga ‘ulama berbeda pendapat, maka tidak boleh
dijadikan bagian dari aqidah
[3]
sehingga pendapat suatu kelompok (dianggap) itu saja yang Haq, sedang yang lain
tidak.
Kalau
maknanya lebih dari satu, tidak sah untuk dalil dalam aqidah sehingga dihukumi
orang yang mengingkarinya sebagai kafir.
Tentang
pendapat jumhur ‘ulama yang tidak menjadikan khabar ahad sebagai dalil dalam
masalah aqidah, ini sudah saya sampaikan di tulisan sebelumnya.
Ini
pendapat ‘ulama yang menyatakan khabar ahad yufiidul ‘ilma (berfaedah
‘ilmu/yaqin) – seperti pendapat Ibnu Hazm dalam al Ihkam. (LIHATLAH BAGAIMANA
ADABNYA ‘ULAMA, BELIAU TETAP MENULIS PENDAPAT ‘ULAMA LAIN, PADAHAL PENDAPAT ITU
TIDAK SESUAI DENGAN PENDAPATNYA). Maksud YUFIIDUL ‘ILMA di sini adalah AL
‘ILM BI MA’NA DZON (‘ilmu dengan makna dzon), atau ‘ILMU YANG MEWAJIBKAN ‘AMAL.
Adapun pembicaraan disini hanyalah faedah ‘ilmu dari sisi penetapan aqidah
dengan ‘ilmu tersebut.
2. KITAB AT TA’ RIIFAT (Al Jurjaani,
wafat 816 H)
الكتاب : التعريفات
المؤلف : علي بن محمد بن علي الجرجاني
الناشر : دار الكتاب العربي – بيروت
أما الخبر المتواتر فهو كلام يسمعه من
رسول الله جماعة ومنها جماعة أخرى إلى أن ينتهي إلى المتمسك وأما الخبر المشهور
فهو كلام يسمعه من رسول الله ص – واحد ويسمعه من الواحد جماعة ومن تلك الجماعة
أيضا جماعة إلى أن ينتهي إلى المتمسك والفرق هو أن جاحد الخبر المتواتر يكون كافرا
بالاتفاق وجاحد الخبر المشهور مختلف فيه والأصح أن يكفر وجاحد خبر الواحد لا
يكون كافرا بالاتفاق
Semua
(‘ulama) sepakat bahwa orang yang menolak khabar ahad tidaklah kafir (khabar
ahad bukan hujjah dalam aqidah yakni batasan antara iman dan kafir)
3.
KITAB USHUL AS SARKHOSY (Abu Bakr Muhammad bin Abi Sahl
as-Sarkhasi, pada masanya digelari al-Imam al-Ajall az-Zahid Syams al-A`immah
(Sang Imam Agung yang Zuhud dan Matahari Para Imam), Wafat +- 490 H)
الكتاب : أصول السرخسي
مصدر الكتاب : موقع يعسوب
فإن خبر الواحد لا يوجب علم اليقين
لاحتمال الغلط من الراوي وهو دليل موجب للعمل بحسن الظن بالراوي وترجح جانب الصدق بظهور عدالته،
فيثبت حكم هذا القسم بحسب دليله وهو أنه لا يكفر جاحده، لان دليله لا
يوجب علم اليقين، ويجب العمل به لان دليله موجب للعمل ويضلل جاحده إذا لم
يكن متأولا بل كان رادا لخبر الواحد، فإن كان متأولا في ذلك مع القول بوجوب
العمل بخبر الواحد فحينئذ لا يضلل، ولوجوب العمل به يكون المؤدي مطيعا والتارك
من غير تأويل عاصيا معاقبا
Intinya:
Sesungguhnya khabar wahid tidak mewajibkan ‘ilmu yaqin karena mengandung ghalat
(kesalahan, dalam bhs matematika = galat = nilai error) dari perowi, dan dia
(khabar ahad) mewajibkan amal dengan husnudz dzon terhadap rowi (khabar ahad yg
shahih/hasan), ….. dan sesungguhnya tidaklah diKAFIRKAN orang yang
mengingkarinya karena dalilnya tidak mewajibkan ‘ilmu yaqin, dan wajib beramal
dengannya karena dalilnya mewajibkan untuk di’amalkan…mengingkari khabar ahad
(yang shahih/hasan) tanpa dia mendatangkan takwil dihukumi sesat, jika
ada takwil atas pengingkarannya dan ia menyatakan wajibnya ‘amal dengan khabar
wahid maka ia tidak dinyatakan sesat.
4. KITAB USHUL AL BAZDAWIY (Fakhrul
Islam Al Bazdawi, Wafat 482 H)
الكتاب : أصول البزدوي – كنز الوصول
الى معرفة الأصول
المؤلف : علي بن محمد البزدوي الحنفيى
الناشر : مطبعة جاويد بريس – كراتشي
بل المتواتر يوجب علم اليقين ضرورة
بمنزلة العيان بالبصر والسمع بالاذن وصنعا وتحقيقا…
أن المشهور من الأخبار يضلل جاحده ولا
يكفر …
باب خبر الواحد
وهو الفصل الثالث من القسم الأول وهو
كل خبر يرويه الواحد أو الاثنان فصاعدا لا عبرة للعدد فيه بعد أن يكون دون المشهور
والمتواتر وهذا يوجب العمل ولا يوجب العلم يقينا عندنا وقال بعض الناس لا
يوجب العمل لانه لا يوجب العلم ولا عمل إلا عن علم
Khabar ahad mewajibkan ‘amal, tidak
mewajibkan ‘ilmu yaqin, mengingkarinya (tanpa takwil/alasan) dipandang sesat,
tidak kafir.
5. KITAB USHUL ASY SYASYI
الكتاب : أصول الشاشي
المؤلف : أحمد بن محمد بن إسحاق
الشاشي أبو علي
الناشر : دار الكتاب العربي – بيروت ،
1402
ثم المتواتر يوجب العلم القطعي ويكون
رده كفرا
والمشهور يوجب علم الطمأنينة ويكون
رده بدعة
ولا خلاف بين العلماء في لزوم العمل بهما
وإنما الكلام في الآحاد فنقول خبر الواحد هو ما نقله واحد عن واحد أو واحد عن
جماعة أو جماعة عن واحد ولا عبرة للعدد إذا لم تبلغ حد المشهور وهو يوجب العمل
به في الأحكام الشرعية
6. KITAB USHUL IJAABATUS SAA’IL
SYARH BUGHYATUL AAMAL (AS SHON’ANIY)
الكتاب : أصول الفقه المسمى إجابة
السائل شرح بغية الآمل
المؤلف : محمد بن إسماعيل الأمير
الصنعاني
الناشر : مؤسسةالرسالة – بيروت
أن القراءة الخارجة عن السبع في حكمها
كالخبر الآحادي وحكمه وجوب العمل به فكذلك الشاذة هذا مختار الجمهور قالوا فيعمل
بقراءة ابن مسعود في قوله فصيام ثلاثة أيام متتابعات ويجب التتابع قالوا وإنما
يعمل بها في الأحكام العملية لا العلمية لأن الآحاد لا تفيد العلم واستدلوا
على ذلك بأنه لا يخلو من أن يكون قرآنا أو سنة لأن الغرض أن نقلها عنه صلى الله
عليه وسلم صحيح وترك شيء من صحيح القرآن أو السنة لا يجوز وخالف الشافعي وجماعة …
7. KITAB IRSYAADUL FUHUL- IMAM ASY
SYAUKANI
الكتاب : إرشاد الفحول الي تحقيق الحق
من علم الاصول– امام الشوكاني
القسم الثاني : الآحاد وهو خبر لا يفيد بنفسه العلم سواء كان لا يفيد أصلا أو
يفيده بالقرائن الخارجة عنه فلا واسطة بين المتواتر والآحاد وهذا قول الجمهور وقال أحمد بن حنبل إن خبر الواحد يفيد بنفسه العلم وحكاه ابن
حزم في كتاب الأحكام عن داود الظاهري والحسين بن علي الكرابيسي والحارث المحاسبي
قال وبه نقول وحكاه ابن خوازمنداد عن مالك بن أنس واختاره وأطال في تقريره ونقل الشيخ
في التبصرة عن بعض أهل الحديث أنها منها ما يوجب العلم
وإجماع من بعدهم بمنزلة المشهور من
الأحاديث والإجماع الذي سبق فيه الخلاف في العصر السابق بمنزلة خبر الواحد
واختار بعضهم في الكل أنه ما يوجب العمل لا العلم
Bagian kedua adalah aahaad, yakni
khabar yang tidak berfaedah ‘ilmu dari dirinya sendiri, baik berfaedah
‘ilmu dari asalnya, maupun berfaedah ‘ilmu dengan adanya qarinah atau indikasi
luar dari khabar ahad tersebut, maka tidak ada perantara antara mutawatir
dengan aahaad, dan ini adalah pernyataan jumhur/mayoritas ‘ulama….
8. KITAB AL IHKAM
الكتاب : الأحكام
مصدر الكتاب : موقع يعسوب
أن خبر الواحد بأمر لا يفيد العلم
9. KITAB AL BAKHRUL MUHIITH
الكتاب : البحر المحيط
مصدر الكتاب : موقع الإسلام
أَنَّ خَبَرَ الْوَاحِدِ إذَا
تَلَقَّتْهُ الْأُمَّةُ بِالْقَبُولِ أَفَادَ الْقَطْعَ
هَلْ يَكْفُرُ جَاحِدُ مَا ثَبَتَ
بِخَبَرِ الْوَاحِدِ ؟ إنْ قُلْنَا : يُفِيدُ الْقَطْعَ كَفَرَ ، وَإِلَّا فَلَا
هَلْ يُقْبَلُ خَبَرُ الْوَاحِدِ فِي
أُصُولِ الدِّيَانَاتِ ؟ فَمَنْ قَالَ : يُفِيدُ الْعِلْمَ قَبِلَهُ ، وَمَنْ
قَالَ : لَا يُفِيدُ لَمْ يَثْبُتْ بِمُجَرَّدِهِ إذْ الْعَمَلُ بِالظَّنِّ فِيمَا
هُوَ مَحَلُّ الْقَطْعِ مُمْتَنِعٌ
10. KITAB AL MAHSHUL FI USHUULIL
FIQH (ABU BAKAR IBNUL ARABY, Pakar hadits senior sekaligus ahli
ushul, wafat 543 H)
الكتاب : المحصول في أصول الفقه
المؤلف : القاضي أبو بكر بن العربي
المعافري المالكي
الناشر : دار البيارق – الأردن
قال علماؤنا خبر الواحد على ضربين أحدهما
يوجب العلم والعمل كالخبر المتواتر والثاني يوجب العمل ولا يوجب العلم وإما الأول
فهو خبر الله تعالى والثاني خير رسول الله صلى الله عليه و سلم والثاني خبر رجل
واحد بحضرة رسول الله صلى الله عليه و سلم والثالث خبر رجل واحد بحضرة الله صلى
الله عليه و سلم والرابع خبر رجل واحد ادعي فيه العلم مع جماعة يستحيل عليهم
التواطؤ على الكذب فلا ينظرون عليه والخامس خبر واحد تلقته الأمة بالقبول فإما
قالوا بظاهرة وإما تأولوه ولم يكن منهم نكير عليه فهذه الأقسام الخمسة توجب العلم
وفي تعديدها تجاوز وتجوز تسامحنا به قصد البيان
وأما الثاني الذي يوجب العمل دون
العلم فهو خبر الواحد المطلق
Telah
berkata ‘ulama kami bahwa khabar wahid itu ada dua bagian: yang pertama mewajibkan
‘ilmu dan ‘amal sebagaimana khabar mutawatir, yang kedua mewajibkan
‘amal namun tidak mewajibkan ‘ilmu, adapun yang pertama (khabar ahad/wahid yang
mewajibkan ‘ilmu dan amal) adalah 1) khabar dari Allah (al wahid) 2)
Khabar dari Rasulullah (sendirian), khabar seseorang bersama Rasulullah
SAW … ADAPUN YANG KEDUA, YANG MEWAJIBKAN ‘AMAL NAMUN TANPA MEWAJIBKAN
‘ILMU (YAQIN), ADALAH KHABAR AHAD SECARA MUTLAK. Selanjutnya pada halaman
115, beliau menjelaskan syubhat orang yang menyatakan khabar ahad menghasilkan
‘ilmu (yaqin):
وقال قوم: إنه يوجب العلم والعمل كالخبر
المتواتر، وهذا إنما صاروا اليه بشبهتين دخلتا عليهم، إما لجهلهم بالعلم، وإما
لجهلهم بخبر الواحد، فإنا بالضرورة نعلم امتناع حصول العلم بخبر الواحد وجواز تطرق
الكذب والسهو عليه
dan
sekelompok orang berkata: sesungguhnya khabar ahad mewajibkan ‘ilmu
(yaqin) dan ‘amal sebagaimana khabar mutawatir, dan hal ini sesungguhnya
hanyalah terjadi karena dua syubhat (kesamaran) masuk kedalam (pemikiran)
mereka, BISA JADI KARENA KE JAHILAN MEREKA AKAN MAKNA AL ‘ILMU, DAN BISA JADI
KARENA KEJAHILAN MEREKA AKAN (MAKNA) KHABAR WAAHID (KHABAR AHAD), maka
sesungguhnya kami dengan sangat jelas mengetahui tidak akan tercapainya al ‘ilm
(yaqin) dengan (hujjah) khabar waahid, dan boleh (mungkin)nya ada kebohongan dan
kelupaan pada nya (khabar ahad).
11. Imam Abu Zakariya Muhyidin Al-Nawawi (w. 676 H)
وَأَمَّا خَبَر الْوَاحِد : فَهُوَ
مَا لَمْ يُوجَد فِيهِ شُرُوطُ الْمُتَوَاتِرِ سَوَاء كَانَ الرَّاوِي لَهُ
وَاحِدًا أَوْ أَكْثَرَ . وَاخْتُلِفَ فِي حُكْمِهِ ؛ فَاَلَّذِي عَلَيْهِ جَمَاهِير
الْمُسْلِمِينَ مِنْ الصَّحَابَة وَالتَّابِعِينَ ، فَمَنْ بَعْدَهُمْ مِنْ
الْمُحَدِّثِينَ وَالْفُقَهَاءِ وَأَصْحَابِ الْأُصُولِ : أَنَّ خَبَر الْوَاحِد الثِّقَةِ حُجَّةٌ مِنْ حُجَجِ الشَّرْعِ
يَلْزَمُ الْعَمَلُ بِهَا ، وَيُفِيدُ الظَّنَّ وَلَا يُفِيدُ الْعِلْمَ ، وَأَنَّ وُجُوب الْعَمَل بِهِ عَرَفْنَاهُ بِالشَّرْعِ لَا
بِالْعَقْلِ… وَذَهَبَ بَعْضُ الْمُحَدِّثِينَ إِلَى أَنَّ الْآحَادَ الَّتِي فِي
صَحِيح الْبُخَارِيّ أَوْ صَحِيح مُسْلِم تُفِيدُ الْعِلْمَ دُونَ غَيْرِهَا مِنْ الْآحَاد
. وَقَدْ قَدَّمْنَا هَذَا الْقَوْل وَإِبْطَاله فِي الْفُصُول وَهَذِهِ
الْأَقَاوِيل كُلّهَا سِوَى قَوْلِ الْجُمْهُور بَاطِلَةٌ ، وَإِبْطَالُ مَنْ
قَالَ لَا حُجَّةَ فِيهِ ظَاهِرٌ ْ .. وَأَمَّا مَنْ قَالَ يُوجِبُ الْعِلْمَ :
فَهُوَ مُكَابِرٌ لِلْحَسَنِ . وَكَيْفَ يَحْصُلُ الْعِلْمُ وَاحْتِمَالُ
الْغَلَطِ وَالْوَهْمِ وَالْكَذِبِ وَغَيْرِ ذَلِكَ ، مُتَطَرِّقٌ إِلَيْهِ ؟
وَاَللَّه أَعْلَمُ .
"Adapun khabar ahad, ia adalah
hadits yang tidak memenuhi syarat-syarat mutawatir, sama saja apakah karena
perawinya satu atau lebih. Masih diperselisihkan hukum hadits ahad. Pendapat
yang dipegang oleh mayoritas kaum Muslim dari kalangan shahabat dan tabi’iin,
dan kalangan ahli hadits, fukaha, dan ulama ushul yang datang setelah para
shahabat dan tabi’un adalah: khabar ahad (hadits
ahad) yang tsiqah adalah hujjah syar’iy yang wajib diamalkan, dan khabar ahad
hanya menghasilkan dzann, tidak menghasilkan ilmu (keyakinan). Wajibnya
mengamalkan hadits ahad, kita ketahui berdasarkan syariat, bukan karena
akal….Sebagian ahli hadits berpendapat bahwa hadits-hadits ahad yang terdapat
di dalam Shahih Bukhari dan Muslim menghasilkan ilmu (keyakinan), berbeda
dengan hadits-hadits ahad lainnya. Pada penjelasan sebelumnya kami telah
menjelaskan kesalahan pendapat ini secara rinci. Semua pendapat selain pendapat
jumhur adalah bathil. Kebathilan orang yang berpendapat tanpa hujjah dalam
masalah ini telah tampak jelas….Adapun orang yang berpendapat bahwa hadits ahad
menghasilkan keyakinan, sesungguhnya orang itu terlalu berbaik sangka.
Bagaimana bisa dinyatakan hadits ahad menghasilkan keyakinan (ilmu), sedangkan
hadits ahad masih mungkin mengandung ghalath, wahm, dan kadzb? Wallahu a’lam bish
shawab". [Imam An Nawawiy, Syarah Shahih
Muslim]
Beliau juga membahas kelemahan
pendapat Ibn Sholah yang menyatakan bahwa Hadis Ahad adalah Qoth’i, setelah
menukil pernyataan Ibn Sholah, beliau menegaskan :
وهذا الذي ذكره ابن الصلاح في شأن
صحيح البخاري ومسلم في هذه المواضع خلاف ما قاله المحققون والأكثرون فإنهم قالوا:
أحاديث الصحيحين التي ليست بمتواتره إنما تفيد الظن فإنها آحاد، والآحاد إنما تفيد
الظن على ما تقرر ولا فرق بين البخاري ومسلم وغيرهما في ذلك، وتلقي الأمة بالقبول
إنما أفادنا وجوب العمل بما فيهما
‘’Pendapat ini – yang disebutkan
oleh Ibnu Sholah tentang (hadits) Bukhory dan muslim dalam tema pembahasan ini
– menyalahi pendapat para ahli tahqiq dan jumhur ulama, mereka mengatakan:
hadits – hadits dalam kitab shohihain yang tidak mencapai derajat mutawatir
SESUNGGUHNYA HANYA MENGHASILKAN DZON, maka sesungguhnya ia hadits ahad, dan
hadits ahad sesungguhnya hanya berfaedah dzon, tidak ada bedanya dalam masalah
ini antara (hadits) Imam Bukhari, Imam Muslim dan para Imam Hadis lainnya.
SEDANGKAN APA YANG DIJUMPAI BAHWA UMAT MENERIMA (KHABAR AHAD DALAM BUKHARI
MUSLIM) SESUNGGUHNYA HANYA BERFAEDAH AKAN WAJIBNYA ‘AMAL dengan apa –apa yang
ada dalam keduanya (yakni shahih Bukhory – Muslim)”
12. Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalany (wafat 852 H) mengutip Al Hafidz al Karmaniy (wafat 796 H):
قَالَ الْكَرْمَانِيُّ لِيُعْلَم إِنَّمَا
هُوَ فِي الْعَمَلِيَّات لَا فِي الِاعْتِقَادِيَّات
Telah berkata Al Karmaniy: agar
diketahui, sesungguhnya dia (diterimanya khabar ahad sebagai hujjah) HANYALAH
DALAM HAL ‘AMALIYYAH BUKAN DALAM HAL I’TIQADIYYAH (Fathul Baariy Juz 13 bab
ما جاء في إجازة خبر الواحد).
13. Syaikh Abu Zahroh, dalam kitabnya : Ushuulul Fiqh hal 108 menggunakan istilah
‘ilmu dzonny (untuk menyatakan ‘ilmu bi ma’na dzonn):
وحديث الآحاد يفيد العلم الظني الراجح
ولا يفيد العلم القطعي، إذ الاتصال بالنبي فيه شبهة
Hadits Aahaad berfaedah ‘ilmu
dzonny, bukan ‘ilmu qath’iy karena ada syubhat sampainya ke Nabi SAW.
14. Syaikh Abdul Wahab Khallaf dalam kitab Ushulul Fiqh nya:
وسنة الآحاد ظنية الورود عن الرسول
لأن سندها لا يفيد القطع
dan sunnah aahaad adalah
dzanniyyatul wurud dari rasulullah SAW karena sanadnya tidak menghasilkan
kepastian (qath’iy)
15. Al Hafidz Ibnu Abdil Barr (wafat 341 H), dalam kitab المسودة في أصول الفقه menyatakan:
اختلف أصحابنا وغيرهم في خبر الواحد
العدل: هل يوجب العلم والعمل جميعاً؟ أم يوجب العمل دون العلم؟ قال: والذي عليه
أكثر أهل الحذق منهم أنه يوجب العمل دون العلم، وهو قول الشافعي وجمهور أهل الفقه
Para sahabat kami berselisih tentang
khabar wahid yang ‘adil apakah mewajibkan ‘ilmu dan sekaligus ‘amal?
atau mewajibkan ‘amal namun tidak mewajibkan ‘ilmu? dia (Ibnu Abdil Barr)
berkata: dan sebagian besar orang pandai diantara mereka berpendapat bahwa
khabar wahid (yang ‘adil) mewajibkan ‘amal, tanpa mewajibkan ‘ilmu, dan ini
adalah perkataan As Syafi’i dan jumhur (mayoritas) ahli fiqh.
Jadi jelaslah bahwa mayoritas ‘ulama
ahli ushul memandang khabar ahad – walaupun perowinya ‘adil – adalah
mewajibkan ‘amal namun tetap tidak mewajibkan ‘ilmu/ yaqin sehingga tidak cukup
untuk sebagai hujjah bagi pengkafiran orang lain, namun demikian mengingkari
khabar ahad (yang shahih/hasan) tanpa dia mendatangkan takwil, dihukumi sesat,
jika ada takwil atas pengingkarannya dan ia menyatakan wajibnya ‘amal dengan
khabar wahid maka ia tidak dinyatakan sesat.
Adapun pernyataan dalam pembahasan
di beberapa kitab bahwa khabar ahad YUFIIDUL ‘ILMA , maka yang dimaksud
disitu adalah AL ‘ILM BI MA’NA DZON (‘ilmu/yaqin dengan makna dzon –
sebagaimana orang melakukan test dengan alat yang akurasinya 99% lalu dia
katakan bahwa hasilnya meyakinkan), atau ‘ILMU YANG MEWAJIBKAN ‘AMAL, atau yang
diistilahkan Syaikh Abu Zahroh dengan ‘ILMU DZONNY’, walaupun tidak dipungkiri
ada juga yang memaksudkannya dengan ‘ilmu yaqin.
***
Saya
rasa cukup segini dulu, mudah-mudahan bisa menjadi penyatu umat baik yang
menjadikan khabar ahad sebagai hujjah dalam masalah “aqidah”, maupun yang tidak
menjadikannya sebagai hujjah dalam masalah aqidah, mohon ma’af kalau bahasanya
menyinggung salah satu pihak, kalau mau lihat pendapat ulama yang menjadikan
khabar ahad mewajibkan yaqin sehingga layak sebagai dalil dalam masalah aqidah,
lihat kitabnya Ibnu Hazm, Ibnu Taymiyyah maupun Ibnu Qayyim al Jauziyyah
(sudah ana sebut di tulisan sebelumnya), serta kitab – kitab madzhab dzahiri.
Allahu Ta’ala A’lam.
Baca Juga:
- Kedudukan Khabar Ahad dalam Masalah Aqidah
- Fatâwa Al Azhar Tentang Khabar Ahad
- Perbedaan antara Aqidah dan Hukum Syara’
- Asal Usul Mutakallimin dan Metodologinya
- Kekeliruan Metode Mutakallimin
[1] Saya kasih tanda petik, karena istilah ini sebenarnya
bagus, yakni mengikuti orang – orang terdahulu (Nabi, shahabat, Tabi’in dan
orang yang mengikuti manhaj mereka), namun yang patut dipertanyakan sikap
mengklaim orang lain yang berbeda dengan mereka sebagai bukan salafi itu yang
perlu diluruskan, saya tidak tahu apakah ada ulama nusantara yang mereka akui
ke ‘salaf’ annya, yang pernah ana dengar (ada bukti rekamannya) bahwa Buya
Hamka bukan termasuk salaf menurut mereka, tidak tahu bagaimana pandangannya terhadap
Syaikh Yasin Padang, Syaikh Nawawi Banten dll – walaupun perbedaan ini, selama
dalam lingkup dalil yang dzonni, tidak mengeluarkan dari keimanan.
Komentar
Posting Komentar