APA ITU HIZBUT TAHRIR ?


Hizbut Tahrir adalah organisasi politik Islam global yang didirikan pada 1953 di bawah pimpinan pendirinya, 
Syaikh Taqiyyuddin An-Nabhani. Beliau adalah seorang ulama, pemikir, politisi ulung, dan hakim Pengadilan Banding di al-Quds.

Hizbut Tahrir beraktivitas di seluruh lapisan masyarakat di dunia Islam, dengan mengajak kaum muslim untuk melanjutkan kehidupan Islam di bawah naungan Negara Khilafah Islam. Juga untuk memperkuat komunitas muslim yang hidup secara Islami, dengan terikat pada hukum-hukum Islam dan menciptakan identitas Islam yang kuat.

Hizbut Tahrir juga beraktivitas bersama-sama komunitas muslim di Barat untuk mengingatkan mereka agar menyambut seruan perjuangan mengembalikan #Khilafah dan menyatukan kembali umat Islam secara global. 

Selain itu, #HizbutTahrir juga berupaya menjelaskan citra Islam yang benar kepada masyarakat Barat serta terlibat dalam dialog dengan para pemikir, pembuat kebijakan dan akademisi Barat.

Mengapa Hizbut Tahrir menyebut dirinya sebagai partai politik Islam? Sebab, definisi partai adalah kelompok yang berdiri berdasarkan satu ideologi (mabda’) yang diemban oleh individu-individu partai dan ingin diwujudkan di tengah masyarakat.

Adapun definisi #politik Islam, sebagaimana dijelaskan oleh Prof. Rawwas Qal’ahji dalam Mu’jamu Lughah al-Fuqaha’ (I/253) adalah, ri’âyah syu‘ûn al-ummah bi ad-dakhil wa al-khârij wifqa asy-syarî’ati al-islâmiyyah, yang artinya, pemeliharaan urusan umat di dalam dan luar negeri sesuai dengan #syariah Islam.

Makna inilah yang ada dalam sabda Rasulullah, “Bani Israil itu diurus oleh para nabi (tasûsuhum al-anbiyâ’). Ketika seorang nabi wafat maka akan diganti nabi (yang baru). Namun tidak ada nabi setelahku dan akan ada para khalifah dan jumlahnya banyak.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Hizbut Tahrir yang memenuhi definisi partai politik Islam tersebut, berdiri di atas dasar Islam sebagai sebuah ideologi yang ingin diwujudkan secara praktis di dunia #Islam.

Bagi yang ingin mengkaji Islam bersama Hizbut Tahrir, silakan hubungi aktivis-aktivis Hizbut Tahrir terdekat di tempat anda

#HizbutTahrirIndonesia (@hizbuttahririd)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Memisahkan Tamu Pria dan Wanita Dalam Walimah

MEMBANGUN KELUARGA IDEOLOGIS

PENCABUTAN STATUS BHP HTI BANYAK CACATNYA